Rabu, 18 Agustus 2010

BEBERAPA KESALAHAN YANG SERING TERJADI DI KEGIATAN PRAMUKA DI GUGUSDEPAN ATAUPUN SATUAN KARYA

Kesalahan didalam latihan adalah suatu hal yang biasa dan wajar di lakukan, tetapi tetap harus diantisipasi agar kesalahan tersebut tidak menjadi kaprah dan sulit di benahi sehingga suatu kesalahan dapat menjadi adat turun temurun yang diwarisi oleh angkatan demi angkatan. Dalam entri ini kami tidak mengupas kesalahan untuk menampakkan aib ataupun menjelek – jelekkan  Gugusdepan dan Satuan Karya, karena kami juga masih jauh dari kesempurnaan. Tujuan kami untuk menunjukkan mana yang benar, sesuai dengan aturan, dan tata kerja di dalam Gerakan Pramuka agar tidak terjadi kesalahpahaman dan salah kaprah, sehingga setiap kegiatan dapat berjalan sesuai dengan aturan yang ada.
Beberapa Kesalahan yang ditemui dari hasil survey kami antara lain sebagai berikut :

A. Dari Segi Atribut :
1.Tidak Memakai Topi / Baret saat berseragam Pramuka Lengkap
2.Tidak memakai Setangan leher saat berseragam pramuka dan pada saat latihan
3.Memakai sandal saat berseragam pramuka
4.Tidak mengenakan atribut yang benar dan sesuai ataupun tidak lengkap
5.Memakai atribut lain seperti gelang bagi anak laki – laki
6.Sepatu tidak Hitam



B. Dari Segi Administrasi
1.Dewan Ambalan Penegak /Dewan Satuan Karya belum memiliki Administrasi yang sesuai dengan PP Gugusdepan
2.Anggota Pramuka belum memiliki KTA Pramuka

C. Dari Segi Koordinasi, Informasi dan Komunikasi
1.Kurang ada hubungan kerja dengan anggota Dewan Kerja Ranting maupun Cabang
2.Masing – masing Gugusdepan dan Saka masih bersaing menjadi yang terbaik dan bersaing untuk mengharumkan nama individu
3.Masih ada yang saling membanding – bandingkan pangkalan lain untuk kepentingan memperolok – olok ataupun menbandingkan mana yang terbaik
4.Kurang mencari informasi kegiatan Kepramukaan ke Kwartir
5.Kurang ada hubungan, kerja sama dan koordinasi  dengan Kwartir maupun Dewan Kerja

Nah, Kekurangan – kekurangan maupun Kesalahan di atas kiranya menjadi bahan koreksi bagi kita semua, sehingga untuk melangkah ke depan dapat di minimalisir kekurangan dan kesalahannya. Jika anda bisa memperbaiki kesalahan anda dengan belajar dari kesalahan yang lalu, anda akan semakin dewasa.
Dari kesalahan – kesalahan diatas, kiranya kami bisa memberikan sedikit solusi agar membantu anda memperbaiki kesalahan – kesalahan diatas.

A. Dari Segi Atribut :
1.Di Usahakan dan di biasakan memakai Baret saat memakai Pramuka Lengkap karena aturan dari Kwartir Nasional tentang PP Seragam Pramuka memang mengharuskan memakai tutup kepala (lihat PP Seragam Pramuka
2.Untuk Setengan leher dan Sepatu, sama dengan point diatas.
3.Untuk pemakaian Atribut seperti badge, Tanda Jabatan, TKU, TKK, ataupun Lencana penghargaan di atur didalam Petunjuk Penyelenggaraan dari Kwartir Nasional. Nah anda harus mempelajarinya. Selain anda mempelajarinya, anda juga harus mempraktekkannya. Supaya dapat di contoh dan memberi contoh kepada peserta didik yang lain.
4.Jika Anda bukan pemakai gelang dan anda sebagai pemimpin, buatlah adat dan aturan yang melarang pemakaian perhiasan yang mencolok serta tidak pantas bagi peserta. Jika anda pemakai gelang dan perhiasan – perhiasan itu, mulailah berlatih dan membiasakan diri melepas perhiasan anda saat ada pertemuan dan latihan Pramuka.

B. Dari Segi Administrasi
3.Pelajarilah PP Gugusdepan untuk mendapatkan informasi tentang administrasi Gugusdepan ataupun Saka yang benar dan lengkap, bisa juga koordinasi dengan pembina, Andalan, Pelatih ataupun Dewan Kerja
4.KTA dapat anda dapatkan dengan membuat pengajuan terlebih dahulu ke Kwartir Ranting atau Kwartir Cabang. Koordinasikan Dengan Kwarcab tentang pengajuan, biaya, proses dan waktu berlakunya.

C. Dari Segi Koordinasi, Informasi dan Komunikasi
6.Media Blog dan E mail kami merupakan sarana untuk meningkatkan komunikasi diantara para Penegak dan Pandega yang ada di masing – masing pangkalan. Jadi akses blog ini, atau kirim – kirim informasi, pertanyaan, kritik, saran, atau apapun sebanyak – banyaknya ke  E mail kami.
7.Bersaing boleh, tetapi jangan sampai menimbulkan persaingan yang tidak sehat. Daripada mengunggul – unggulkan individu, lebih baik bekerja sama untuk mengadakan latihan gabungan, kegiatan bersama untuk mencapai tujuan bersama, sehingga anda untung, Dewan Kerja untung dan Kwartir pun ikut untung.
8.Kurangi sikap membanding – bandingkan antar Pangkalan, peserta didik, dan keadaan yang ada apapun tujuannya. Daripada membanding – bandingakan dengan tidak sehat, alangkah baiknya mengadakan studi banding atau kunjungan ke pangkalan yang lain untuk belajar dari kekurangan dan kelebihannya.
9.Anda dianjurkan setiap 1/2, 1 atau 2 bulan sekali berkunjung ke Kwartir untuk mengakses informasi apapun disana. Selain dapat memperkuat silaturrohmi, anda juga akan update dengan berita – berita baru.
10.Setidaknya anda memberikan informasi tentang kegiatan – kegiatan anda kepada Pengurus Dewan Kerja, agar bisa saling berkoordinasi dan konfirmasi serta dapat meningkatkan hubungan kerja, persaudaraan dan dapat meningkatkan pengetahuan.
Nah, mari kita benahi bersama – sama kesalahan – kesalahan kecil ini. Agar ke depan bisa semakin baik dan dapat menjadi andalan.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar