Rabu, 18 Agustus 2010

BRIGADE PENOLONG CABANG 2009

Arsip Kegiatan DKC Ngawi 2009

Kegiatan pelatihan Brigade Penolong ini dilaksanakan pada Tanggal 24 – 27 Desember 2009 bertempat di SMA Negeri 1 Ngawi dan SDN Jaten 3, Jogorogo. Kegiatan ini berdasarkan pada progam Kerja Dewan Kerja Cabang dan Kwartir Cabang Ngawi bagian Bina Muda. Kegiatan ini juga merupakan instruksi dari Kwartir Daerah Jawa Timur, mengingat daerah di kawasan Jawa Timur sering terjadi bencana alam, maka perlu ada persiapan mitigasi bencana dini, yang diperuntukkan untuk generasi muda.

Kegiatan ini dimulai dengan upacara pembukaan di Lapangan SMA Negeri 1 Jogorogo. Dengan di buka oleh Wakil Ketua IV Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Ngawi, kak Abdul Kholiq. Upacara Adat Ambalan Brawijaya di tunjukkan dengan penancapan Kapak Pusaka oleh Ketua Dewan Kerja Cabang sebagai simbol di mulainya kegiatan.

Setelah upacara selesai dilanjutkan dengan materi dan pengarahan generasi Muda oleh kak Kholiq. Kemudian di lanjutkan dengan Out bond Brigade Penolong dari Teman – teman DKC yang sudah mengikuti BP tingkat Daerah.

Pada Malam hari kegiatan dilanjutkan materi Sejarah dan Organisasi SAR oleh Andalan Cabang (kak Amin) yang kemudian dilanjutkan dengan perkenalan anggota DKC 2009 – 2014 kepada seluruh peserta Brigade Penolong

Hari berikutnya kegiatan dilanjutkan dengan banyak sekali materi – materi tentang Brigade Penolong, antara lain PPGD (oleh kak Pen) Sistem Pencarian Korban dan Navigasi Darat (kak Amin) Efek Psikologis Korban (kak Isna) serta praktek Navigasi darat dengan menggunakan kompas, protektor dan peta topografi.



Hari ketiga merupakan hari yang penuh tantangan, jam setengah 6 pagi semua peserta dan panitia sudah berkumpul di lapangan Jogorogo untuk pemberangkatan ke SDN jaten 3. pemberangktan dari Start Lapangan Jogorogo dimulai pukul 07.00 semua peserta berangkat ke SDN Jaten melalui rute yang telah ditentukan sebelumnya.

Di setiap pos, di berikan praktek – praktek materi yang telah di berikan sebelumnya di base camp I (SMA N 1 Jogorogo) sesampainya di Base Camp II (SDN 3 Jaten) istirahat sebentar, kemudian dilanjutkan praktek SAR dan Navigasi Darat di perbukitan sekitar Karanganyar dan Srambang. Di medan yang terjal, curam dan penuh tantangan para Penegak putra dan putri peserta Brigade Penolong itu di tugaskan untuk mempraktekkan sistem pencarian korban yang hilang di perbukitan.

Setelah itu mereka menuju ke sungai yang merupakan sungai dari air terjun Srambang, mereka disana praktek navigasi dengan menentukan sudut, koordinat dan titik keberadaan mereka pada peta topografi yang mereka bawa. Setelah selesai mereka pulang kembali ke base camp II bersama – sama panitia yang bertugas.

Malam terakhir yang menjadi malam puncak kegiatan diadakan malam keakraban peserta, sebagai ajang untuk mengakrabkan peserta dan panitia agar terjalin kerukunan, keakraban dan persaudaraan yang erat antar Dewan Kerja dan Anggota Pramuka umumnya.

Hari terakhir, 27 Desember 2009 tepat jam 11 Siang diadakan upacara penutupan dengan uapcara Adat Ambalan Brawijaya, sebagai simbol upacara telah selesai, kapak pusaka adat Ambalan dicabut kembali oleh ketua Dewan Kerja Cabang. Setelah upacara selesai dilanjutkan dengan pembagian Tiska Brigade Penolong dan Sertifikat kegiatan, setelah itu Sayonara…….

Dalam kegiatan ini diikuti oleh 37 orang peserta dengan rincian 20 peserta Putra, dan 17 peserta Putri. Dan berikut ini adalah Daftar Gugusdepan Yang Mengikuti Kegiatan Brigade Penolong Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Ngawi 2009 :

1.SMK PGRI 6 NGAWI
2.SMA PGRI 1 NGAWI
3.SMA NEGERI 1 NGAWI
4.MAN NGRAMBE
5.SMK NEGERI 1 PARON
6.SMK NEGERI 1 NGAWI
7.MAN TEMPURSARI MANTINGAN
8.SMA NEGERI 1 KWADUNGAN
9.SMK NEGERI 1 KASREMAN
10.SMK NEGERI 1 GERIH
11.SMA NEGERI 1 KEDUNGGALAR
12.SMK PGRI 1 NGAWI
13.SMK NEGERI 1 KARANGANYAR
14.SMK PGRI 2 GENENG


Dan ini adalah daftar Gugusdepan /Saka Yang Tidak Mengikuti /mengirimkan pesertanya dalam Kegiatan Brigade Penolong :

1.SMA NEGERI 1 NGRAMBE
2.SMA NEGERI 2 NGRAMBE
3.SMA NEGERI 1 KARANGJATI
4.SMK PGRI 4 NGAWI
5.SMK PGRI 8 JOGOROGO
6.SMK NEGERI 1 PITU
7.MA AL HIDAYAH KENDAL
8.MA AL BAROKAH KENDAL
9.MA NURUL AZHAR KENDAL
10.SMA NEGERI 2 NGAWI
11.SMA MUHAMMADIYAH NGAWI
12.SMA NEGERI 2 NGAWI
13.SMA NEGERI 1 KENDAL
14.SMK NEGERI 1 KENDAL
15.SMK PPS I NGRAMBE
16.SMK PPS II NGRAMBE
17.SMK TRISAKTI NGAWI
18.MAN PARON
19.MAN NGAWI
20.SMA KOSGORO NGAWI
21.SMA KP PARON
22.SAKA BAYANGKARA, POLRES NGAWI
23.SAKA BAYANGKARA, POLSEK NGAWI
24.SAKA BAKTI HUSADA, PUSKESMAS NGRAMBE
25.SAKA BAKTI HUSADA, PUSKESMAS NGAWI KOTA
26.SAKA WANABAKTI, PERHUTANI NGAWI

Kami berharap, agar di kegiatan – kegiatan berikutnya Gugusdepan/Saka yang belum mengirimkan Anggotanya lebih aktif lagi. Karena setiap kesempatan kegiatan yang dilewatkan, akan semakin banyak pengalaman, pengetahuan dan wawasan yang tidak akan didapatkan…..

Kami tunggu kalian Semua di Kegiatan Berikutnya…..

SATYA BAKTI DARMA BAKTI AMBALAN BRAWIJAYA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar